Hanya sebuah catatan pemikiran sederhana

Feat

PERBEDAAN LEADER DAN MANAJER



LEADER
Pemimpin atau leader adalah orang yang memiliki sikap semangat, pantang menyerah, optimis, berani, dan tegas. Seorang pemimpin memiliki daya tarik yang membuat orang bersedia mengikuti pemikirannya. Leader tidak terlalu membutuhkan jabatan atau pangkat untuk mempengaruhi orang lain, karena pemimpin memiliki charisma tersendiri untuk membuat orang lain percaya pada pemikirannya. Bahkan tidak jarang para pemimpin membuat para pengikutnya menjadi sangat loyal apa – apa yang diberikan oleh pemimpin selalu di ikuti.
Seorang leader memberi inspirasi kepada orang lain, sehingga membuat orang lain bekerja baru bicara, bukan bicara baru bekerja. Dia mampu membuat orang – orang segan dan membuat orang lain takut mengecewakan. Dengan jelas mampu memberikan penjelasan kepada orang lain kenapa harus mengikuti pemikirannya. Mampu memberikan kobaran semangat ketika pendukungnya mulai hilang semangat, dengan memberikan keyakinan bahwa semua akan terselesaikan dengan baik dan menjadi yang terbaik.

MANAJER
Manajer adalah seorang yang selalu menyelesaikan tugasanya dengan penuh tanggung jawab sesuai apa yang di tugaskan. Dengan melakukan perencanaan yang komplek sebelum melakukan segala sesuatu karena itu kebiasaannya. Dia tahu berapa jumlah orang yang dibutuhkan untuk menyelesaikan projeknya, membagi setiap orang pekerjaan yang menurutnya mampu untuk diandalkan dan sesuai dengan kemampuan masing – masing orang, mampu memberikan pemecahan solusi atas segala permasalahan yang timbul saat proses pembuatan projek.
Harapan seorang manajer ingin projeknya berjalan sesuai yang telah direncanakan, ketika ada masalah dalam proses pembuatan projek maka rencana cadangan siap dilakukan. Percaya dengan kualitas yang dimiliki, pintar dalam membuat inovasi, dan lebih dinamis dalam berfikir dalam segala hal.



Tag : Opini
0 Komentar untuk "PERBEDAAN LEADER DAN MANAJER"

Back To Top